Assalamu’alaikum
Selamat pagi,
Salam sehat semua

Untuk pertemuan kali ini, silakan kalian baca materi di bawah ini, dan jawablah pertanyaan yang ada…

TATA TERTIB SISWA

I. TATA TERTIB MASUK SEKOLAH

  1. Bel masuk pukul 07.15
  2. Siswa hadir ke sekolah 5 menit sebelum bel tanda masuk berbunyi
  3. Siswa yang piket umum atau piket kelas hadir 15 menit sebelum tanda masuk berbunyi
  4. Setelah Bel masuk dibunyikan, gerbang depan di tutup dan di tunggu oleh satpam
  5. Bagi siswa yang terlambat akan diproses oleh guru petugas piket PDT (Penegak Disiplin Tata Tertib )
  6. Sebelum masuk kelas, semua siswa harus berbaris di depan kelas masing – masing
  7. Pukul 07.15 – 07.30 siswa membaca Kitab Suci sesuai dengan Agama masing – masing yang dipandu oleh guru jam pertama
  8. Setelah selesai membaca Kitab Suci,  sebelum KBM di mulai semua siswa menyanyikan Lagu Wajib Nasional yang dipandu oleh guru jam pertama

II. TATA TERTIB MENINGGALKAN PELAJARAN ATAU TIDAK MASUK SEKOLAH

  1. Dengan alasan tertentu siswa dapat meninggalkan pelajaran setelah mendapat izin dari guru yang mengajar, guru piket atau kepala sekolah
  2. Jika siswa berhalangan hadir ke sekolah karena alasan tertentu, wajib memberitahukan secara tertulis ke sekolah dan  harus diketahui orang tua/wali murid
  3. Jika siswa berhalangan masuk karena sakit harus memberitahu secara tertulis ke sekolah  dan  harus diketahui orang tua/wali murid
  4. Jika siswa berhalangan masuk karena sakit lebih dari tiga hari, harus memberitahu secara tertulis ke sekolah  yang diketahui orang tua/wali murid dan harus menyertakan surat keterangan sakit dari dokter
  5. Siswa yang tidak hadir karena tugas tertentu dari sekolah dianggap masuk sekolah

III. TATA TERTIB BERPAKAIAN

  1. Setiap siswa wajib memakai seragam sekolah dengan ketentuan :
    1. Senin, Selasa, atas putih bawah biru lengkap dengan atribut sekolah, berdasi, bertopi, bersepatu hitam berkaos kaki putih, panjang kaos kaki diatas mata kaki dan mengenakan ikat pinggang yang standar warna hitam. Baju dimasukan kedalam celana/ rok
    2. Rabu, kamis, atas batik sekolah bawah biru lengkap dengan atribut sekolah, berdasi, bertopi, bersepatu hitam berkaos kaki putih, panjang kaos kaki diatas mata kaki dan mengenakan ikat pinggang yang standar warna hitam. Baju dimasukan kedalam celana/ rok
    3. Jum’at bersih dan jum’at sehat berpakaian olah raga, jumat religi berpakaian busana muslim atau menyesuaiakan
    4. Jum at jalan sehat berpakaian olah raga
    5. Sabtu pakaian pramuka lengkap, memakai hasduk dan cicin , bersepatu hitam berkaos kaki hitam, panjang kaos kaki diatas mata kaki dan mengenakan ikat pinggang yang standar warna hitam. Baju dimasukan kedalam celana/ rok
    6. Lebar celana bagian bawah minimal 16 cm
  2. Apabila ada perubahan maka akan diberitahukan kepada siswa, orang tua siswa / wali murid.

IV. KEWAJIBAN DAN HAK SISWA

  1. Setiap siswa berkewajiban:
    1. Taat kepada guru, karyawan dan kepala sekolah
    2. Ikut melaksanakan 7 K (Keimanan, Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan)
    3. Membuang sampah pada tempatnya (organik dan an organik)
    4. Melaksanakan piket umum dan atau piket kelas sesuai jawal
    5. Menghargai dan menghormati kepala sekolah, guru, tenaga administrasi sekolah dan siswa pada umumnya
    6. Menjaga nama baik sekolah, kepala sekolah, guru, tenaga administrasi sekolah dan siswa pada umumnya
    7. Selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  2. Setiap siswa berhak:
    1. Mengikuti pelajaran selama di sekolah
    2. Meminjam buku perpustakaan dengan ketentuan menaati peraturan perpustakaan
    3. Mengikuti praktek olahraga
    4. Mengikuti praktek di laboratorium IPA dan TIK dengan mematuhi tata tertib yang berlaku
    5. Mendapat perlakuan yang sama

V. LARANGAN SISWA

  1. Meninggalkan sekolah selama jam pelajaran berlangsung, kecuali seizin guru mata pelajaran, guru piket atau kepala sekolah
  2. Memakai jaket / topi selama pembelajaran di kelas
  3. Berambut panjang dan tidak rapi bagi siswa laki laki
  4. Memakai aksesoris (gelang, kalung, cincin dan berhias secara berlebihan)
  5. Tidak berkuku panjang (pria/wanita) dan tidak bertato
  6. Membawa barang yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran (rokok, senjata tajam, senjata api, VCD / DVD porno, gambar porno, minuman keras dan obat obatan terlarang)
  7. Merokok di dalam dan di luar lingkungan sekolah
  8. Berkelahi di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
  9. Mencoret coret / merusak sarana , prasarana atau fasilitas sekolah (meja, kursi, dinding/ tembok, buku dan lain lain)
  10. Membawa handphone ke sekolah
  11. Membawa kendaraan bermotor ke sekolah
  12. Mewarnai rambut selain warna hitam
  13. Mengganggu jalannya proses pembelajaran terhadap kelasnya maupun terhadap kelas lain

VI. SANKSI – SANKSI

Pelanggaran tata tertib ini dikenakan sanksi:

  1. Teguran secara lisan
  2. Teguran secara tertulis/perjanjian
  3. Pemanggilan orang tua/wali murid
  4. Dikembalikan ke orang tua/wali murid  

VII. TATA TERTIB TAMBAHAN SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  1. Kelas online (Daring-Luring) menggunakan aplikasi google meet, zoom, WA dan Youtube untuk tiap mata pelajaran.
  2. Peserta didik mempersiapkan akun email dengan menggunakan nama masing-masing, tidak diperbolehkan membawa nama lain atau nama samaran selain nama asli siswa. Jika terpaksa menggunakan nama lain di absensi harus menggunakan nama asli siswa.
  3. Kelas online (Daring-Luring) dimulai pukul 08.00 sd selesai sesuai jadwal yang telah dibagikan.
  4. Peserta didik (Siswa) harus sudah mempersiapkan diri dan memastikan jaringan internet berjalan dengan baik 10 menit sebelum pelajaran dimulai.
  5. Jika peserta didik ( siswa) sakit atau ada keperluan darurat, diharuskan ijin kepada wali kelas. Dengan melalui wali murid kepada wali kelas via WA japri.
  6. Selama durasi jadwal pembelajaran online, peserta didik (siswa) harus di rumah atau dalam satu ruangan.
  7. Selama pembelajaran berlangsung peserta didik (siswa) dilarang bermain game atau membuka aplikasi lain kecuali aplikasi pembelajaran yang ditentukan.
  8. Peserta didik (siswa) dilarang menggunakan kata-kata kotor dalam percakapan di google meet, group WA dan media sosial lain yang digunakan dalam pembelajaran.
  9. Peserta didik (siswa) diharapkan merespon apabila diminta sebagai bentuk keaktifan
  10. Peserta didik (siswa) mengumpulkan tugas-tugas yang diminta sesuai waktu yang telah ditentukan.
  11. Bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas atau tidak pernah gabung sehingga nilainya dibawah KKM akan mengikuti program Remidi yang akan dilaksanakan sebelum PTS.
  12. Jika terdapat kesulitan dalam hal pemahaman materi, peserta didik (siswa) bisa langsung berkomunikasi dengan bapak/ibu guru yang mengajar mata pelajaran yang bersangkutan di luar jadwal pelajaran.
  13. Apabila ada kendala teknis, peserta didik (siswa) bisa langsung berkomunikasi dengan wali kelas.

Ditetapkan di Ambarawa

Pada Tanggal, 15 Juli 2019

Kepala Sekolah

Drs. RAHMANTO, M.Pd

NIP. 19650709 199010 1 002


Atau kamu bisa mengunduh berkas TATA TERTIB tersebut di bawah ini:


Silakan jawab pertanyaan berikut ini:

1. Tuliskan hak dan kewajiban siswa dalam tata tertib

2. Tuliskan 5 larangan yang tidak boleh di lakukan oleh siswa

3. Ttuliskan 5 tata tertib tambahan selama daring

Tulis jawaban dalam kertas folio dan di kumpulkan kepada guru mapel BK masing-masing!

Terima kasih, selamat mengerjakan!

3 thoughts on “BIMBINGAN KONSELING – KELAS 7 – SEMESTER 1 TP 2021-2022 PERTEMUAN 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published.